HarianLampung.co.id – BRI Masuk Daftar Forbes The Global 2000, Masih Menjadi Perusahaan Terbaik di Indonesia
BRI kembali menunjukkan prestasi gemilangnya di level internasional. Forbes The Global 2000 baru-baru ini merilis daftar perusahaan publik terbesar di dunia tahun 2023.
Dalam daftar tersebut, BRI berhasil menempati peringkat terbaik di antara perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan posisi ke-307 dunia.
Posisi ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada di peringkat ke-349 dunia.
BRI adalah salah satu dari 8 perusahaan Indonesia yang masuk daftar Forbes The Global 2000 tahun ini. Perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya yang masuk daftar tersebut adalah Mandiri, BCA, Telkom, BNI, Bayan, Adaro, dan Garuda Indonesia.
Forbes The Global 2000 merupakan majalah ekonomi terkemuka di dunia yang mempublikasikan daftar 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value).
Dalam publikasi tersebut, terdapat beberapa perusahaan asal Indonesia dengan sebagian besar adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Prestasi BRI di level internasional ini merupakan bukti bahwa pihaknya mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan dengan manajemen risiko yang sangat terukur.
Hal ini tentu menjadi prestasi bagi perseroan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, BRI tetap mampu menjaga kinerja positif.
Atas pencapaian tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan prestasi tersebut merupakan hasil dari fokus pada pemberdayaan dan penyelamatan segmen UMKM di masa sulit, serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional.
Sunarso juga menyatakan bahwa prestasi tersebut didedikasikan bagi seluruh nasabah BRI dan Insan BRILiaN (pekerja BRI) di seluruh Indonesia.
BRI terbukti menghasilkan catatan impresif pada 4 indikator penilaian. Mulai dari segi profit yang mencapai US$3,45 miliar atau Rp51,4 triliun secara tahunan (year on year/ yoy).
Selain itu, dari sisi assets BRI juga mencatatkan US$119,84 miliar atau Rp1.865,64 triliun, tumbuh double digit sebesar 11,18% yoy dari tahun sebelumnya.
Dari segi penjualan (sales) BRI telah mencatatkan angka sebesar US$13,16 miliar atau sekira Rp195,8 triliun, dan market value BRI mencapai sebesar US$53,79 miliar atau Rp799,2 triliun.
BRI akan terus berkomitmen untuk meng-create value, baik dari aspek ekonomi maupun sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Prestasi BRI di level internasional ini membuktikan bahwa keberadaan perusahaan BUMN kian diapresiasi oleh dunia luar.