HarianLampung.co.id – Beberapa minggu terakhir, viral tentang pelayanan di rumah sakit telah menjadi perbincangan hangat. Banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan tersebut, dan kami berkomitmen untuk segera menyelesaikan masalah-masalah tersebut di RSUDAM dan rumah sakit daerah lainnya,” ungkap Samsudin di Bandarlampung, Kamis.
Ia menekankan pentingnya RSUDAM untuk memperbaiki tata cara penerimaan pasien, etika pelayanan, sikap ramah, dan keramahan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.
“Dengan cara tersebut, jika masyarakat diperlakukan dengan baik dan beretika, mereka akan lebih memahami tentang keterbatasan tempat dan kamar. Namun, jika pelayanan tidak ramah dan tidak profesional, akan menimbulkan keluhan masyarakat serta menimbulkan stigma negatif terhadap pelayanan di rumah sakit daerah,” katanya.
Dengan memberikan pelayanan yang prima, ramah, profesional, dan beretika, pasien akan sembuh lebih cepat dengan kondisi psikologis yang baik, sehingga akan meningkatkan citra rumah sakit daerah.
“Rumah sakit adalah usaha di bidang jasa dan pelayanan yang berbeda dari bidang lain. Oleh karena itu, penting untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan serta kualitas kepada masyarakat, agar tidak ada lagi kesan bahwa berobat ke rumah sakit daerah akan menghadapi pelayanan yang lama, kasar, dan tempat yang kotor,” tambahnya.
Pemerintah Provinsi Lampung akan terus bersinergi dan bekerja sama dengan semua pihak untuk memperkuat sistem kesehatan melalui integrasi layanan primer di RSUDAM.
“RSUDAM sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di daerah ini, perbaikan pelayanan dan kualitasnya akan turut meningkatkan kesehatan masyarakat,” paparnya.